Tiga Masalah Lambung

 


Assalamualaikum...

Aku izin sharing rangkumanku terkait tiga jenis masalah lambung yang sering dikeluhkan orang-orang. Sumber masalah lambung itu selain urusan fisik juga terkait dengan urusan emosi. Ada emosi yang bisa melukai lambung yaitu perasaan cemas, khawatir, anxiety yang akarnya dari perasaan "unsafe". Sementara basic needs digestive system kita adalah nourishment dan calmness. Pencernaan kita itu butuh nutrisi (bukan makanan yang banyak) dan ketenangan. Ibu-ibu sepertiku banyak nih yang menderita masalah lambung karena kita para Ibu ini sering sekali merasa cemas. Entah karena urusan rumah, urusan anak, dll. Koneksi antara emosi dengan tubuh fisik bisa dilihat dari hubungan emosi dengan jari yaitu :

  • Jari jempol : sedih, stress
  • Jari telunjuk : takut, panik
  • Jari tengah : marah, benci, kecewa
  • Jari manis : cemas, khawatir
  • Jari kelingking : tidak percaya diri, merasa bersalah, merasa tidak berdaya
Faktanya, saat eksimku kumat seringnya kumat diantara jari manis dan jari tengah. Si cemas dan si kecewa :')

Berbagai jenis dispepsia by patient.gastro.org

Nama lain dari gangguan pencernaan atau masalah lambung adalah dispepsia. Tiga masalah lambung yang akan Aku bahas adalah maag, GERD dan pencernaan lemah yang banyak diderita manusia modern. Kenapa? Karena jaman sekarang semua serba instan dan cepat-cepat-cepat. Makanan instan, semua hal dikerjakan serba buru-buru, multitasking. Ketiga masalah lambung ini bukan nama penyakit ya Gutmaters, melainkan gejala dari penyakit. 

A. Maag

Gejala maag by nakedpress.co

Maag disebut juga sebagai tukak lambung. Kondisi ini terjadi saat mukosa lambung terluka dan meradang. Aku sering mengibaratkannya seperti mulut sedang sariawan, perih banget pasti setiap bersentuhan dengan makanan atau minuman. Mengutip dari my.clevelandclinic.org, penyebab luka pada lambung adalah :

  • Adanya masalah emosional, seperti kecemasan atau depresi
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Efek samping penggunaan obat antiinflamasi non-steroid
  • Terlalu banyak makan
  • Kelebihan berat badan
  • Makan terlalu cepat, tidak dikunyah dengan proper
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan pedas
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein dan soda
  • Mengonsumsi cokelat berlebihan

Sedangkan gejala maag berupa :
  • Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Sering bersendawa
  • Ada titik perih di perut, terletak di perut bagian atas, antara tulang dada dan pusar, agak ke kiri yang muncul ketika atau setelah makan
  • BAB berwarna gelap, lengket, dan seperti tar

Jika Gutmaters memperhatikan, obat maag rata-rata adalah antasida alias obat dengan pH basa/alkali (pH 7.3 - 8.5) yang bertujuan menetralkan asam lambung agar luka pada lambung tidak terasa terlalu perih. Sayangnya pH lambung yang dinetralkan akan berdampak bagi lemahnya pertahanan lambung. Lambung didesain sangat asam agar mampu mencerna makanan dengan efektif dan mencegah bakteri patogen tumbuh subur. Kebanyakan bakteri patogen tidak mampu bertahan hidup dalam kondisi pH lambung yang asam. Jadi seperti lingkaran setan ya? Maag kumat - asam lambung dinetralkan dengan obat antasida - bakteri patogen tumbuh subur - maag tambah sering kumat. 🥲

B. GERD

GERD by freepik

GERD (gastroesophageal reflux diseaseadalah masalah yang terjadi pada katup lambung yang biasanya diakibatkan oleh overgrowth bakteri candida lalu mereka berkumpul di sekitar katup lambung (sfingter esofagus) sehingga katup tersebut tidak bisa menutup dengan sempurna. Orang dengan GERD biasanya adalah orang dengan LSA (low stomach acid) alias orang yang kekurangan asam lambung. pH lambung itu sekitar 2.5-3.5, jika lebih tinggi maka bakteri patogen akan mudah berkembangbiak. Berdasarkan kelas Digestive Enzime, orang dengan GERD biasanya akan terbantu dengan mengkonsumsi :
  1. Enzim pencernaan
  2. HCl atau asam
  3. Perasan jahe, jeruk nipis dan garam
  4. Cuka
Aku adalah orang dengan GERD yang sangat terbantu dengan konsumsi air cuka apel setiap pagi hari saat perut kosong. Begitu juga saat bangun tidur siang dan mulut terasa asam, aku juga biasanya mengkonsumsi air cuka atau buah-buahan untuk meredakan rasa mual dan asamnya.

Lemon, jeruk nipis ataupun cuka itu bersifat asam (pH 2) tapi setelah dimetabolisme tubuh akan bersifat alkali (pH diatas 7) di perut. Oleh karena itu saat GERD terasa, pH alkali ini akan membantu meredakan asam lambung yang naik ke tenggorokan. Jadi seperti pertolongan pertama saat GERD kumat ya, bukan metode penyembuhan. 
Penyebab GERD dan gejalanya by freepik

Mengutip dari mayoclinic.org, berikut beberapa gejala GERD :
  1. Sensasi terbakar di dada
  2. Rasa asam di tenggorokan
  3. Nyeri perut bagian atas atau dada
  4. Kesulitan menelan, disebut disfagia
  5. Sensasi mengganjal di tenggorokan
  6. Batuk-batuk
  7. Radang tenggorokan karena asam
  8. Asma. Jika partikel asam masuk ke saluran udara, hal itu dapat membuatnya berkontraksi dan memicu gejala mirip asma, seperti batuk kronis, mengi, dan sesak napas.

Hal-hal yang memicu GERD :
  1. Merokok, asap rokok
  2. Makan dalam porsi besar atau makan larut malam
  3. Langsung berbaring setelah makan
  4. Makanan berlemak atau gorengan
  5. Makanan asam
  6. Alkohol atau kopi
  7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya aspirin
Kunci utama mencegah GERD adalah mengkonsumsi probiotik dan prebiotik rutin setiap hari. Biar bakteri yang berkumpul di katup lambung itu dihajar sama bakteri baik dari probiotik sehingga jumlahnya bisa terkendali.

C. Pencernaan Lemah

Di TCM (traditional chinese medicine) sering dibahas tentang api pencernaan yang lemah atau pencernaan yang dingin. Banyak makan sayuran mentah juga bisa membuat pencernaan dingin. Karena pencernaan butuh panas dan energi untuk mencerna makanan. Ciri pencernaan lemah berupa begah, kembung hingga nyeri ulu hati. Bisa dilihat dari BAB yang keras, ambyar atau makanan tidak tercerna sempurna seperti makan kangkung keluar kangkung.

Bang Daurie said, power pencernaan itu short chain fatty acid (SCFA) yang merupakan hasil olahan dari makanan berserat tinggi dan karbohidrat komplek seperti sagu, bijib-bijian, ubi, kentang, shorgum, pisang, sayuran dan buah-buahan. 

Dari segi mikro nutrisi, power pencernaan bersumber dari kalium. Jadi makan sayur dan buah bukan cuma memberi tubuh asupan prebiotik dan melancarkan pencernaan tapi juga menghasilkan SCFA untuk tenaga pencernaan dalam meremas makanan di usus kecil dan usus besar.

Kesimpulan 

Pada artikel ini aku tidak akan membahas pengobatan masalah lambung ya Gutmaters. Karena aku tidak berkompetensi dalam hal tersebut. Aku mencoba mengajak berkenalan dengan gangguan lambung agar kita bisa sama-sama lebih mindful dalam manajemen emosi dan saat mengkonsumsi makanan. Beberapa hal yang bisa aku sarankan adalah :
  1. Makan tanpa distraksi. Mindful, hanya kita dan makanan kita. Dikunyah perlahan dan sebanyak 40 kunyahan seperti sunnah Rasulullah SAW jika memungkinkan.
  2. Konsumsi real food, hindari makanan instan.
  3. Konsumsi probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah asupan bakteri baik, seperti mengirim tentara bantuan bagi gut flora kita. Prebiotik adalah makanannya si probiotik ini. Jadi kita kirimkan tentara berserta bekal hidupnya.
  4. Berusaha tenang dalam situasi apapun. Guruku pernah berkata, "saat sakit, ketenangan adalah setengah dari kesembuhan". 
  5. Makan di jadwal yang teratur dan sesuai dengan jam sirkadian tubuh agar tubuh bisa mencernanya dengan maksimal.
  6. Salah satu cara untuk membantu memulihkan luka pada lambung dan memberikan tenaga pada pencernaan adalah dengan rutin mengkonsumsi broth yang akan memberikan seal pada permukaan lambung. Belinya bisa di @gutmate.id lho 🤗, Bone Broth dengan harga terjangkau yang dimasak dengan sayuran organik dan panci SS 316Ti


Sebagai penutup, memperbaiki kondisi pencernaan itu nggak bisa instan ya Gutmaters. Butuh waktu 6 sampai 2 tahunan untuk bisa sampai dinyatakan pulih total berdasarkan pengalaman Bang Daurie menemani para pasien. Jadi nggak ada tuh pil sakti yang bisa mengobati pencernaanmu. Benar-benar harus merubah habit dan makanan yang dikonsumsi. Tetap semangat ya... semoga Allah mudahkan prosesnya bagi yang sedang berjuang untuk sehat.

Sumber :

  1. Kelas Digestive Inflammation by Wholisticgoodness
  2. Sharing Bang Daurie Bintang di WAG-FWF
  3. patient.gastro.org
  4. nhs.uk
  5. my.clevelandclinic.org
  6. mayoclinic.org
  7. niddk.nih.gov

No comments